4 Tipe Orang yang Cocok Pakai Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting yang paling digunakan dibandingkan layanan hosting lainnya seperti VPS dan dedicated hosting. Namun, ada satu hal yang perlu kamu ketahui. Hanya karena shared hosting merupakan layanan hosting yang paling banyak digunakan, bukan berarti kamu juga harus menggunakannya. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini adalah 5 tipe orang yang cocok pakai shared hosting.

1. Orang yang memiliki keterbatasan dana

Seperti yang sudah kami jelaskan di postingan seputar shared hosting. Shared hosting merupakan layanan hosting paling terjangkau jika dibandingkan dengan layanan lain seperti VPS atau Dedicated hosting. Oleh karenanya, shared hosting sangat tepat untuk dipakai oleh orang-orang yang mempunyai keterbatasan dana dalam membuat website. Rata-rata harga shared hosting berkisar antara 8 ribu sampai dengan 50 ribu per bulan. Tergantung paket dan penyedia layanan yang digunakan. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, sebaiknya gunakan layanan hosting dengan space di atas 512 MB. Karena biasanya layanan hosting yang menawarkan harga di bawah 15 ribu per bulan hanya dilengkapi dengan space yang terbatas, jadi kalau bisa pastikan dulu space yang disediakan berapa sebelum memilih hosting. Selain space, ada 9 hal lain yang perlu kalian pastikan dulu sebelum membeli hosting. Selengkapnya bisa kalian lihat dalam postingan kami apa saja 10 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting.

2. Pengguna Wordpress

WordPress merupakan CMS paling banyak digunakan saat ini. Jadi, jika kamu menggunakan WordPress untuk website kamu, shared hosting adalah pilihan paling tepat. Mengapa WordPress sangat tepat untuk digunakan dengan shared hosting? karena salah satu kelebihan WordPress dibandingkan CMS lainnya adalah kemudahannya untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari blog pribadi, website perusahaan, toko online, semuanya bisa dibuat dengan menggunakan WordPress. Selain itu, WordPress juga tidak membutuhkan space yang banyak untuk instalasi. Jadi, shared hosting adalah pilihan yang tepat untuk pengguna WordPress. Jika kamu tertarik untuk menggunakan WordPress, Niagahoster mempunyai layanan khusus shared hosting untuk pengguna WordPress. Jadi, kamu nggak perlu takut kehabisan space dan tidak perlu memikirkan PHP versi berapa yang digunakan. Karena semuanya sudah diatur sesuai dengan kebutuhan website berbasis WordPress.

3. Pemula

Layanan shared hosting adalah layanan hosting yang paling mudah digunakan dibandingkan dengan layanan hosting lainnya. Karena pada shared hosting, semua kebutuhan kita dalam membuat website seperti PHP, database, mail server, ftp server, dan sejenisnya sudah dikonfigurasikan oleh penyedia layanan hosting. Jadi, kita sebagai pengguna hanya tinggal pakai dan tidak perlu susah-susah melakukan konfigurasi. Karena hampir semua layanan shared hosting sudah dilengkapi dengan CPanel. Jadi kita bisa dengan mudah mengoperasikan website yang akan kita buat.

4. Orang yang baru memulai bisnis online

Bisnis online yang saya maksud di sini adalah toko online atau yang biasa dikenal sebagai online shop. Meskipun saat ini sudah ada banyak ecommerce yang memungkinkan kita buat jualan dengan gratis, mempunyai toko online dengan domain sendiri akan membuat kredibilitas toko online kita semakin meningkat. Karena mempunyai alamat sendiri membuktikan bahwa kita tidak asal-asalan dalam berbisnis.

Jika kamu berencana membuka toko online, shared hosting adalah pilihan yang tepat. Karena shared hosting biasanya dilengkapi dengan auto installer seperti Fantastico yang memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi toko seperti Zen Cart atau WooCommerce dengan mudah. Jadi, kita tidak perlu bingung dengan sistem tokonya. Atau bisa juga tokonya dibuat hanya untuk display barang menggunakan WordPress, sedangkan pembayaran bisa dilakukan di situs-situs ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya.

4 tipe orang yang cocok pakai shared hosting
gambar dari Pixabay

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan jika kita menggunakan shared hosting untuk toko online. Jika pengunjung website kita sudah lebih dari 100 ribu per bulan, cobalah untuk mulai memikirkan opsi migrasi ke layanan hosting yang lebih berkualitas seperti VPS. Karena jika tetap memaksanakan menggunakan shared hosting, besar kemungkinan performanya akan tidak maksimal seperti ketika pengunjung masih di bawah 100 ribu per bulan.

Demikian tadi 4 tipe orang yang cocok menggunakan layanan shared hosting. Kira-kira kamu yang mana? apakah termasuk salah satu di antaranya?

 

 

One Reply to “4 Tipe Orang yang Cocok Pakai Shared Hosting”

  1. Budget emang penting banget gan. Karena kalau kita gak siapin budget yang cukup, nnti ujung2nya cuma beli hosting seadanya padahal gak sesuai sama kebutuhan website. Ke depannya bakal sering kena masalah, kita juga yang repot. Ada tu hosting yang murah di niagahoster. Fiturnya juga udah lumayan lengkap kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *