10 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Hosting

Dalam proses pembuatan website, memilih penyedia hosting adalah salah satu proses yang memakan lumayan banyak waktu. Karena ada banyak sekali penyedia hosting dengan berbagai macam paket. Padahal seperti yang kita tahu, hosting adalah salah satu instrumen paling penting ketika membuat website. Salah memilih hosting tidak hanya akan menguras dompet kita, tapi juga bisa membuat kepercayaan publik kepada website kita semakin turun. Oleh karenanya, kita perlu hati-hati dalam memilih hosting. Berikut ini adalah 10 hal yang perlu diperhatikan ketika memilih hosting:

  1. Tujuan
    Mengapa tujuan harus diletakkan di poin pertama? karena tanpa tujuan yang jelas, kita akan kebingungan mau memilih layanan hosting yang mana. Tujuan yang dimaksud dalam poin ini adalah website seperti apa yang akan kita buat. Karena berbeda jenis website akan berbeda kebutuhan hostingnya. Website ecommerce tentu akan memiliki kebutuhan hosting yang berbeda dengan website sekolah. Blog pribadi tentu akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan website perusahaan dan seterusnya. Maka dari itu, sebelum memilih hosting, pastikan tujuan kita membeli hosting sudah jelas terlebih dahulu.
  2. Tipe Hosting
    Setidaknya ada 3 tipe hosting yang umum dikenal saat ini: shared hosting, dedicated hosting, dan cloud hosting. Masing-masing tipe hosting tersebut mempunyai spesifikasi dan fungsi yang berbeda. Selengkapnya bisa membaca tulisan kami ini tentang perbedaan masing-masing tipe hosting beserta kelebihan dan kekurangannya.
  3. Fitur Utama
    Yang dimaksud dalam fitur utama di sini adalah fitur-fitur hosting yang mempunyai dampak secara langsung kepada website kita nantinya. Beberapa fitur utama dari hosting adalah disk space (kapasitas penyimpanan data), bandwidth, database, dan email. Fitur utama ini sebenarnya juga tergantung dengan poin yang kedua, tipe hosting. Jadi, selama kita menggunakan tipe hosting yang tepat, kemungkinan besar fitur-fitur yang kita dapatkan akan sesuai dengan yang kita butuhkan. Tapi meskipun begitu, kita harus tetap teliti. Karena masing-masing penyedia hosting punya kebijakan sendiri terkait paket hosting yang mereka sediakan. Jadi, pastikan dengan baik dulu apa saja fitur yang ditawarkan sebelum melakukan pemesanan.
  4. Fitur Tambahan
    Yang termasuk dalam fitur tambahan di sini adalah fitur-fitur yang keberadaannya menjadi nilai lebih dari fitur-fitur utama yang sudah dijelaskan sebelumnya. Yang membedakan antara fitur tambahan dengan fitur utama adalah fungsinya. Fitur tambahan hanya merupakan pelengkap. Jadi, tanpa ada fitur tambahan pun sebenarnya hosting masih bisa jalan dengan baik. Tapi kalau ada, itu akan menjadi nilai lebih dan bonus bagi kita. Beberapa fitur tambahan yang seringkali diberikan oleh penyedia layanan hosting adalah fitur keamanan (free SSL) penambah kecepatan (site Accelerator) dan backup.
  5. Performa (Uptime)
    Sengaja Uptime saya pisahkan dari fitur utama. Karena uptime adalah salah satu pengukur kualitas layanan hosting. Semakin mendekati 100% maka berarti kualitas hosting tersebut semakin baik. Mengapa uptime itu penting? karena uptime adalah waktu di mana situs kita bisa diakses. Sedangkan downtime adalah waktu di mana website kita tidak bisa diakses. Entah itu karena ada gangguan atau karena ada maintenance. Tentu kita tidak ingin website yang kita miliki sering mengalami gangguan teknis dan hanya bisa diakses selama 20 jam sehari misalnya kan? Karena semakin sering website kita tidak bisa diakses maka semakin rendah kredibilitas website yang kita miliki. Belum lagi jika website kita adalah website bisnis atau toko online. Tentu kita tidak ingin konsumen yang kita miliki menjadi malas untuk membeli produk yang kita jual karena website kita sering tidak bisa diakses. Maka dari itu, pastikan untuk memilih penyedia hosting yang mempunyai uptime di atas 99%.
  6. Harga
    Harga juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih hosting. Karena ada banyak sekali perusahaan penyedia layanan hosting di luar sana dengan harga yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan membeli layanan hosting, coba cek harga di penyedia layanan hosting lain sebagai pembanding. Apakah harga yang ditawarkan memang pantas ataukah jauh di atas rata-rata harga yang ada. Kalau kamu masih bingung, bisa membaca review kami tentang 10 hosting termurah di tahun 2017.
  7. Pelayanan
    Pelayanan juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Cara mengukur pelayanan yang paling mudah salah satunya adalah dengan mengukur seberapa cepat customer service dalam membalas chat atau pertanyaan kita. Pelayanan di sini tidak hanya penting ketika membeli saja tapi juga setelah melakukan pembelian. Karena bukan tidak mungkin website kita mendapatkan masalah ketika sudah dibuat. Dan salah satu cara yang paling mudah untuk memperbaiki website yang mengalami masalah adalah dengan berkonsultasi kepada pemilik layanan hosting. Baik itu untuk mendapatkan backup data atau yang lainnya. Karena sebagian besar pemilik layanan hosting mempunyai sistem auto backup yang memungkinkan kita untuk mendapatkan data backup website kita ketika sedang mengalami masalah atau kena hack.
  8. Review dari pihak ketiga
    Ini adalah salah satu alasan kenapa website ini dibuat. Karena ada banyak sekali penyedia hosting di luar sana dan tidak banyak situs-situs yang memberikan review dan perbandingan yang jelas antara satu dengan yang lainnya. Pastikan untuk membaca review dulu sebelum membeli hosting. Karena dengan membaca review, khususnya dari pihak ketiga, adalah cara paling mudah untuk mengetahui bagaimana kualitas sebuah hosting berdasarkan pengalaman orang lain.
  9. Promo
    Ini juga salah satu poin penting jika kita mempunyai dana yang terbatas untuk hosting. Memanfaatkan promo dan diskon adalah salah satu cara paling ramah kantong untuk membuat website. Saya sendiri beberapa kali memanfaatkan promo dan diskon untuk memperoleh harga hosting yang jauh lebih murah daripada biasanya. Berdasarkan pengalaman saya, beberapa penyedia hosting yang sering memberikan promo dan diskon di antaranya adalah Niagahoster, IDCloudhost, dan Ardetamedia. Untuk promo hosting yang lainnya, bisa dilihat pada halaman promo hosting.

    10 hal yang perlu diperhatikan ketika membeli hosting
    Menentukan pilihan
  10. Garansi
    Garansi juga merupakan salah satu yang perlu diperhatikan. Karena sama seperti transaksi yang lainnya, dalam transaksi jual beli hosting juga tidak sepenuhnya bebas dari masalah. Oleh karenanya, ada baiknya sebelum memilih hosting pastikan dulu apakah ada garansi atau jaminan uang kembali ketika ternyata kita tidak cocok atau kurang puas dengan layanan yang diberikan. Sehingga kalau terjadi masalah, kita sebagai konsumen tidak sampai merasa dirugikan.

Demikian 10 hal yang perlu diperhatikan ketika membeli hosting. Semoga bermanfaat.

 

One Reply to “10 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Hosting”

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *